Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tadulako dengan bangga telah melaksanakan Seminar Nasional Pendidikan Biologi dengan tajuk “Peran Biologi dan Pembelajarannya di Era Globalisasi” pada tanggal 14 November 2015 yang bertempat di Hotel Jazz Palu. Acara ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Tadulako Prof. Dr. Muhammad Basir, SE. MS.

Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tadulako diselenggarakan sebagai salah satu wadah pengembangan kompetitif bagi dosen sekaligus bentuk kepedulian, perhatian dan sumbangsih   Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tadulako dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada bidang Pendidikan dan Penelitian.

Perhelatan akbar ini menghadirkan Prof. Dr. Hadi S. Ali Kodara (Guru besar Institut Pertanian Bogor), Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Si. PhD. (Guru besar Universitas Negeri Malang), Prof. Dr. H. Andi Tanra Tellu, M.S (Guru Besar FKIP Universitas Tadulako), Drs. Astija, M.Si. PhD (Dosen Pendidikan Biologi Universitas Tadulako).

Prof. Dr. Hadi S. Ali Kodara dalam orasi ilmiahnya memaparkan tentang betapa kayanya kondisi Kehati (keanekaragaman hayati) di Indonesia, terkhusus Sulawesi yang begitu unik dengan tingkat endemisitasnya yang begitu tinggi dibandingkan dengan kepulauan lain di Indonesia yang sayang jika potensi ini dibiarkan begitu saja.

“Value Kehati kita dengan Kekhasan, keindahan, kelangkaan, struktur sel dan DNA dengan komposisi kimianya yang kompleks akan menciptakan Nilai ekonomi, sosial, budaya, filosofi dan spiritual yang sangat tinggi yang secara nasional merupakan sumberdaya strategis bagi pemenuhan kebutuhan protein hewani, obat-obatan, dan rekreasi, serta budaya dan spiritual” jelas Prof. Hadi.

Dari bidang pendidikan Biologi Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Si. PhD. Memaparkan materinya dengan judul “Peran Generasi yang Berkecakapan Hidup di Abad 21” menjelaskan bahwa kemajuan suatu Negara kini dan nanti tergantung pada seberapa luas dan dalam masyarakatnya mencapai literasi abad 21 yang meliputi: Keterampilan akademik, keterampilan berpikir dan bernalar, kemampuan bekerjasama dan ketangkasan memanfaatkan teknologi.

Kegiatan yang dihadiri kurang lebih 300 peserta yang terdiri dari guru-guru dari berbagai daerah di Sulawesi Tengah dan mahasiswa ini juga dirangkaikan dengan presentasi ilmiah oleh peserta yang lolos seleksi pendaftaran Oral Presentation serta lomba dan pameran poster ilmiah yang di nilai langsung oleh Rektor Universitas Tadulako dan Panitia Seminar Nasional (Yd).

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *