Pelatihan dan Workshop Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Berbasis Daring diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Biologi selama 2 hari, mulai tanggal 22 – 23 Agustus 2020 di Universitas Tadulako . Peserta merupakan seluruh dosen Program Studi Pendidikan Biologi.

Pemateri merupakan seorang Dosen yang memiliki keahlian dalam pengembangan RPS yaitu Bapak Dr. Afadil Sukarman, S.Pd, M.Pd dari Universitas Tadulako . Tujuan Workshop ini adalah sebagai upaya persiapan pembelajaran daring , khususnya untuk menghasilkan RPS berbasis Daring yang sesuai standar berdasarkan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 , yang terdiri dari delapan standar diantaranya : Standar kompetensi lulusan, standar isi, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar dosen dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan dan standar pembiayaan. Serta untuk menata ulang RPS yang sudah ada, berdasarkan CP (Capaiaan Pembelajaran) Pengetahuan, Sikap, Keterampilan umum dan keterampilan khusus, yang diadopsi dari SN Dikti, serta telah dirumuskan oleh Program Studi Pendidikan Biologi. Rangkaian Acara pada hari pertama dimulai dengan pembukaan yang dibuka resmi oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Bapak Dr. Nuryadi, M.Si, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh pemateri, dilanjutkan dengan diskusi tentang penyusunan RPS berbasis Daring .


Pemateri Bapak Dr. Afadil, S, S.Pd,M.Pd menyampaikan bahwa RPS memiliki Fungsi diantaranya : Preventif, Direktif, konstruktif dan Korektif. Prinsip penyusunan RPS adalah Memenuhi standar minimum yang telah ditetapkan dalam SN Dikti, Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) menyesuaikan atau berkaitan jelas dengan CPL yang dibebankan kepada mata kuliah. Kedua, Peserta menyusun RPS berbasis Daring secara berkelompok Berdasarkan Mata Kuliah. Produk dari kegiatan ini adalah bukti fisik RPS mata kuliah yang telah dibuat sesuai dengan format yang telah disepakati. Kesimpulan kegiatan ini Format RPS Berbasis Daring tidak berbeda dengan RPS umum, akan tetapi yang membedakan adalah Metode atau model pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran.

.

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *