Dr. H Achmad Ramadhan, M.Kes.

Pendidikan Abad 21 Revolusi 4.0 dihadapkan dengan berbagai pembelajaran dan media secara teknologi secara online. Hal ini dapat mempermudah mahasiswa untuk memperoleh referensi pembelajaran.  Pembelajaran kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dan dianjurkan menggunakan pembelajaran berbasis IT, oleh sebab itu mahasiswa dituntut dapat mampu memahami peraturan dalam mengutif referensi yang digunakan, terutama referensi yang digunakan dalam penulisan karya ilmiah. . Namun kenyataannya belum semua mahasiswa  dapat memahami dan menerapkan program plagiarism ini. Hasil wawancara dengan beberapa mahasiswa program studi pendidikan biologi  menunjukkan bahwa belum semua mahasiswa mengenal dan memahami plagiarism dan penulisan karya ilmiah , sehingga masih kurang dalam menerapkan program ini  dalam proses pembelajaran. Mahasiswa  cenderung melakukan copy dan paste dalam mencari referensi, tanpa memperhatikan kaidah plagiarsm. Hal ini menyebabkan mahasiswa kurang aktif atau pasif dalam pembelajaran dan penelitian dan hanya didominasi oleh dosen.  Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilaksanakan pelatihan kepada mahasiswa  tentang Program Plagiarsm dan Penulisan karya ilmiah. Target yang dicapai dalam kegiatan ini adalah Mahasiswa Pendidikan Biologi yaitu dapat: 1) memahami dan menggunakan Program Plagiarsm , 2) Memahami prosedur penulisan Karya ilmiah, dan 3) kegiatan ini dapat mengembangkan kompetensi mahasiswa dan dosen  dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran di Perguruan Tinggi. Hasil kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan kompetensi mahasiswa dan Dosen dalam menggunakan aplikasi program plagiarism dan penulisan karya ilmiah  yang dapat digunakan untuk pembelajaran di perguruan tinggi . Kegiatan Ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2019, oleh Tim Pengabdi:

Dewi  Tureni, S.Pd.,M.Pd

Dra. Fatmah Dhafir, M.Si  

Dr. Amran Rede

Abd. Rauf S.Pd., M.Pd

Nursahaja (Mahasiswa)

Rizki Rahmadani (Mahasiswa)

Categories:

Tags:

Comments are closed