Pembelajaran biologi yang dilakukan di SMA di Kota Palu masih cenderung berpusat pada guru atau student centered, siswa kurang aktif, guru masih kurang terbiasa menerapkan model pembelajaran yang inovatif, guru cenderung menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran di samping metode diskusi dan tanya jawab, dalam pembelajaran biologi, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.. Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh Problem Based Learning dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa SMAN 6 Palu. Populasi, semua siswa di SMAN 6 Palu. Rancangan penelitian eksperimen semu adalah Pretest-postest Control Group Design. Penarikan sampel dengan tehnik random sampling. Sampel dalam penelitian 60 siswa. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Data dianalisis dengan menggunakan program SPSS 17,0 for windows pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan Hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model PBL lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model konvensional. Kesimpulannya Ada pengaruh Model PBL dalam pembelajaran biologi terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri 6 Palu. Kegiatan Penelitian ini dilaksanakan bulan Oktober 2019. Tim Peneliti terdiri dari :
Dr. Lilies, M.P.
Dr. Moh. Jamhari, M.Pd.
Rizka Fardha S.Pd., M.Pd.
Agung Alfian (Mahasiswa )
Mukarramah (Mahasiswa)
Comments are closed